Syair Gayo Sastra Bernafas Islam

          Perkataan syair menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia  be­rarti ‘cerita yang bersajak (tiap-tiap sajak terdiri dari empat baris yang berakhiran bunyi yang sama). Menurut kamus itu juga syair dapat berarti, sanjak atau puisi.(W.J.S.Poerwadarminta,

l986). Istilah ‘syair’ berasal dari perkataan Arab, shi’r yang secara umum bermakna puisi (a poem, poetry). Sedangkan sha’ir bermakna penulis puisi, penyair atau penyajak (a poet). Perkataan sya’ir untuk vokal orang Melayu nampaknya lebih sesuai. Sehingga menjadi terbiasa disebutkan syair untuk karya puisi dan penyair

sebutan untuk penulisnya. Dari pendapat beberapa ahli dapat dikatakan bahwa syair Melayu, tidak berasal dari syair Arab atau Parsi, walaupun kaitannya ada. Permulaan penulisan syair dilaku­kan  Hamzah Fansuri seorang penyair sufi Aceh yang dari karya-karyanya nampak ada pengaruh puisi Arab-Parsi.

      Tentang istilah syair ini menarik juga pendapat DR Harun Mat Piah, ‘Suatu hal lagi yang harus dipertimbangkan bahwa syair, dalam peringkat awalnya adalah suatu genre sastera lisan, sama seperti genre-genre sastra yang lain atau puisi, seperti pantun, mantera, teromba dan lain-lain. Karena itu menyebutkan sesuatu kata atau istilah tidak berdasarkan penglihatan tetapi pendenga­ran; dan penyebutannya itu lebih tertakluk kepada sistem bunyi bahasa yang berkenaan, khususnya bahasa pertuturan atau lisan. Justru itu syair atau syi’r disebut juga sa’e atau sa’iyo dalam

bahasa Melayu, sayer dan singir (atau geguritan) dalam bahasa Jawa’.(Harun Mat Piah, l989, 2ll,2l2). Mengikuti jalan pikiran DR Harun Mat Piah diatas syair bagi orang Gayo yang menggunakan sastra lisan menyebutnya menjadi syair atau syaer. Dan penambahan kata Gayo setelah kata syaer menjadi sebutan ‘Syaer Gayo’ merupa­

kan penegasan bahwa syair itu menggunakan bahasa Gayo. Seperti diketahui bahasa Gayo digunakan oleh orang Gayo yang mendiami Aceh Tengah, Aceh Tenggara (Belangkejeren) dan Aceh Timur (Lokop).

 

BENTUK DAN STRUKTUR

 

      Bentuk syair (=kekata) ‘Syaer Gayo’ sebagaimana halnya bentuk syair Indonesia-Melayu pada umumnya merupakan puisi empat baris. Namun demikian dari karya beberapa penulis Syaer Gayo seperti, Tgk. Abdurrahim Daudy (Tgk. Mudekala), Tgk Chalidin, Tgk. H. Harun Rasyid, Tgk. H. Sulaiman, Tgk. H. Geucik Mongal, Tgk. Abdul Jalil Bahagia, Tgk Ashaluddin  dll ada usaha penyair menghasilkan karya dengan baris yang bebeda-beda. Coba kita lihat contoh dibawah ini.

 

l. Syair satu bait dalam dua baris dengan rima a-b, a-b, a-b dan seterusnya.

 

                       sara riwayat masa Rasulullah

                       i nenggeri Madinah nge ara terjadi

 

                       Nabi Muhammad belum kubelang

                       male semiang hari raya haji

 

                       nge mari semiang nabi pe ulak

                       i engone kekanak dele penadi

 

                       i lahni dene nge mute tamun

                       enge merun-erun kusokuini

 

                       maklum la kekanak turun rerayan

                       menyeluk pekayan si jeroh belangi

 

                       (Chalidin l99l)                      

 

Dari segi bentuk penggalan syair ‘Cerite Anak Yatim’ ciptaan Tgk. Chalidin (lahir th l920) ini, tergolong syair dua baris sebait. Bila kita lihat dari segi isi merupakan kisah di zaman Nabi Muhammad.

 

2. Syair empat baris dalam satu bait dengan rima a-a-a-b.

 

                        Ke anak Edem ulak ku Tuhen

                        bier rawan atawa banan

                        oya nge putus bene amalan

                        melengkan taring tulu perkara

 

                        Pertama sedekah jeriah

                        tengah i denie mera posah-osah

                        ku mesjid atawa ku mersah

                        mera munosah ku jelen agama

 

                        (Harun Rasyid, l980, 53)

 

      Petikan syair ‘Apabile Mate Anak Edem’ karangan Tgk. H.Harun Rasyid ini berisi kisah yang menceritakan prikehidupan manusia. Bila ia meninggal maka putuslah hubungannya kecuali dengan tiga hal. Tiga hal ini diceritakan satu persatu yang dimulai dengan sedekah dan seterusnya. 

Contoh lain syair empat baris dalam satu bait dengan rima a-a-a-b merupakan karya Tgk H. Sulaiman berjudul ‘Rukun Imen’. Penggalannya sebagai berikut.

 

                        Rukun imen si onom perkara

                        Turah kite yakin urum percaya

                        Ipenge mi keta ini sara sara

                        Wo ine ama enti kurang kurang

 

                        Yang pertama ku Tuhen Illahi

                        Oya si wajip turah ipercayai

                        Kekite umet urang Islamni

                        Dele bukti kite engon terang

                        (Sulaiman l992, 2 )

 

3. Syair empat baris dalam satu bait dengan rima a-b-a-b.

 

                        Sagi pendari munyamut perkataan

                        ike manat ni seltan kami jamuri

                        kami tiro tulung mudah-mudahan

                        kami tasonen kujantung hati

 

                        Kadang nge beta tekedir ni Tuhen

                        keturahe seltan minah nenggeri

                        enta kune oyape gere tertehen

                        gelah kami julen bersagi pendari

 

                        (Abdurrahim Daudy, l979, 54)

 

4. Syair empat baris dalam satu bait dengan rima a-b-c-b.

 

                        Nabi Muhammad nge bercerak

                        munyeder uak ku kite bewene

                        nggih tetine penyakit i turun Tuhen

                        melengkan besertaan urum taware

 

                        Tiep-tiep penyakit arale uak

                        oya segerak nise turune

                        si mubetih uak jema si mubetih

                        si depet mumilih tabib si pane

 

                        (Abdurrahim Daudy l984, 68)

             

      Syair dua bait diatas merupakan petikan dari syair berjudul ‘Ara Penyakit Ara Uak’ karya Tgk. Abdurrahim Daudy. Di dalam syair ini di ceritakan bahwa Nabi Muhammad sudah menyatakan kepada semua orang bahwa Tuhan telah menurunkan penyakit beserta dengan obatnya. Di ceritakan pula bahwa yang mengetahui obat

penyakit adalah orang yang mengetahui yakni tabib. Sebuah karya lainnya dari tangan Tgk. Abdurrahim Daudy berjudul ‘Kaming Pinye­men’, nampak berbeda dengan bentuk syair-syair yang sudah disebut diatas. Petikannya sebagai berikut,

 

                         Berkata Nabi Muhammad

                         ku sehebet-sehebet

                         munyeder kekeberen

                         merake ko ini kuseder

                         sara kekeberen

                         ni kaming pinyemen

 

                         Bewene sehebet

                         renyel berunger

                         cubemi i seder oya kekeberen

                         adapun renyel Nabi Muhammad

                         dabuh berkata

                         oyale Cine bota kaming pinyemen

 

                         (Abdurrahim Daudy l984, 59)

 

TEMA DAN ISI

 

      Tema dan isi Syaer Gayo merupakan tafsiran kitab suci Al-Qur’an, menyampaikan petuah-petuah agama, meriwayatkan kisah hidup nabi dan para sahabat. Bagaimana hubungan anak dan orang tua, sopan santun antara suami isteri dan keluarga secara keselu­ruhan dapat juga kita lihat diungkap lewat syaer Gayo. Melihat hasil karya para penyair syair Gayo  seperti, Tgk. Yahya bin Rasyid (Tgk Ye), Tgk. Abdurrahim Daudy, Tgk.Chalidin, Tgk.Chatib Bensu, Tgk. H. Harun Rasyid, Tgk. H.Sulaiman, Tgk H. Geucik Mongal, Tgk Abd.Jalil Bahagia, Tgk Ashaluddin dan lain-lain, dapatlah digolongkan kepada beberapa golongan. Misalnya, syair sejarah, syair keagamaan dan syair nasihat.

      Syair sejarah, umumnya bercerita tentang peristiwa-peristi­wa. Biasanya dalam syair sejarah ditampilkan tentang watak pela­kunya, negeri dan kota tempat kisah berlangsung. Sebuah contoh syair sejarah yang cukup populer di Negeri Gayo, ditulis oleh penyair Tgk. Abdurrahim Daudy berjudul, ‘Sejarah Daerah Dan Suku

Gayo’. Petikannya sebagai berikut,

 

                        Tekala uren rane remane

                        asalni ni Gayo mulo pertama

                        daerah kiteni lauten ijo

                        gere ilen mutuho uken urum toa

 

                        Tekala kerpe jarum jemarum

                        gere ilen malum sara urum roa

                        ike manusiepe gere ilen murum

                        gere ilen mepun jenis ni bangsa

 

                        Ara roa jema i nenggeri Rum

                        jema wa murum sara ine ama

                        keta si bensu memegang hukum

                        abange urum rakyat jelata

 

                        Tentang ni taun ne gere ara maklum

                        gere sahpe mepum kedelen jema

                        lagi menulis gere ara maklum

                        ike rakyat umum i waktu oya

 

                        (Abdurrahim Daudy l979, 2l)                

 

       Syair ‘Sejarah Daerah Dan Suku Gayo’ terdiri dari dua jilid. Jilid Satu  ditulis tertanda Baleatu, Takengon, 8 Safar l379/l3 Agustus l959. Sedang Jilid Dua, ‘Asal Mulo Kerejen Bukit’  ditulis tertanda Baleatu, 7 Rab. Akhir l379/5 Oktober l959.

Sekadar untuk mengetahui riwayat penerbitan buku ini dalam kata pendahuluan ada ditulis, naskah Sejarah Daerah dan Suku Gayo karya Tgk Abdurrahim Daudy ini, mula-mula diterbitkan dalam bentuk stensilan oleh ‘Dokumentasi L.K.Ara’. Jilid pertama ter­diri dari 295 bait puisi terbit pada tahun l97l dan jilid kedua terdiri dari 359 baitu puisi terbit pada tahun l972. Naskah aslinya sebelum diterbitkan ditemukan dari Saudara Drs. R. Ahmad  Banta dan atas bantuan Saudara Aman Patriakala dapat diterbitkan dalam bentuk stensil (Abdurrahim Daudy l979, 9).

       Di dalam Syair keagamaan dibicarakan kepentingan agama. Mencakup bidang aqidah, syari’ah dan akhlaq. Sebuah contoh menge­nai aqidah berkenaan dengan ‘ke-esaan Allah’. Berikut ini dipetik penggalan syair Tgk Abdul Jalil Bahagia,

 

                     Allah taa’ala Tuhen Pencipta

                     Maha Esa wan tulu perkara

                     Esa wanni zat, sipet dan buwet

                     Maha bulet gere muroa

 

                     Bile Tuhen mubilang dele

                     Pasti kenake mubeda-beda

                     Bile mubeda kemuen dan kenak

                     Enge pasti rusak alam semesta

 

                     Terjemahan:

 

                     Allah taa’ala Yang Maha Pencipta

                     Maha Esa dalam tiga

                     Esa dalam zat, sifat dan kerja

                     Maha Esa tiada tara

 

                     Bila Tuhan dua dan tiga

                     Pasti kemaun berbeda-beda

                     Bila bertentangan kemaun dan kehendak

                     Pastilah rusak alam semesta

 

                     (Ali Murtadha M.Arifin l982, 6l-62)

 

        Syair keagamaan juga bicara soal ibadah manusia kepada Tuhan. Dan itu dilakukan manusia karena ia merasa berhutang kepada Tuhan. Seperti kata seorang tokoh sufi Hatim Al-Asham, ‘Aku mengetahui bahwa aku punya hutang kepada Tuhan yang tak ada orang lain bisa membayarnya kecuali aku sendiri; karena itu, aku

berupaya membayarnya’ (Al-Hujwiri l992, 25). Di dalam syair keagamaan juga diperlihatkan pengajaran kepada manusia, bagaimana manusia mendekatkan diri kepada Tuhan, tata cara sembahyang, berpuasa dan lain-lain. Ada juga tema syair keagamaan yang bicara tentang kematian dan bagaimana kelak diakhirat manusia bangkit kembali. Syair berjudul ‘Si Bernyawa Mate’ karya Tgk H. Harun Rasyid ini menceritakan bahwa setiap orang akan merasakan mati. Ikutilah penggalannya,

 

                    Wo suderengku rata bewenne

                    pesan ni Tuhen enti lale

                    si bernyawa murasai mate

                    gere sahanpe si gere benasa

 

                    Si berkuasa tinggi pangkat

                    si miskin hidupe mularat

                    sekali pun sipil atawa alat

                    so luang let turah i rasa

 

                    (Harun Rasyid l994, 52)

 

                    Terjemahan.

 

                    Wahai, saudaraku seluruhnya

                    pesan Tuhan jangan lalaikan

                    yang bernyawa akan merasai mati

                    tak satupun yang tak binasa

 

                    Yang berkuasa tinggi pangkat

                    yang miskin hidupnya melarat

                    apakah sipil atau pun alat negara

                    liang lahat mesti dirasa

 

                    (Harun Rasyid l994, l6)  

 

 

      Syair berjudul ‘Rukun Tigebelas’ karya Tgk H. Geucik Mongal ini mengungkap syari’ah berupa penerapan aqidah.  Puisi syair yang menceritakan ketentuan yang terdapat dalam sembahyang. Petikannya,

 

                     Rukun tigebelas dele paedahe

                     sudere si munenge ini kami atur

                     ike tengah murip ibedet gere lale

                     apabile mate pahlae munajur

 

                     Kami tiro maaf kutengku sipane

                     kin lebih kurange enti kin buah tutur

                     sikerna kamini asal kaji bale

                     ari berani nate mah mudeni umur

 

                     Pertama niet mulo kite bubuh

                     mumeralai tubuh kase wani kubur

                     silime waktu enti berteteduh

                     asal gelah sunguh tengah ara umur

 

                     Yang kedue le berdiri tepat

                     Meluesen tempat lintang urum bujur

                     iyatan semala menghedep kiblat

                     membueten tobat le enti tekabur

 

                     Ketige tekebir le sarat mengangku

                     kin gantini lampu si terang musempur

                     ingen kemiring tatangni pumu

                     Tuhen yang satu sipane munatur

 

                     (Geucik Mongal l97l, l2)

 

      Rukun sembahyang seperti diceritakan diatas terdapat juga dalam syair simbolik sasra Indonesia lama. Baik di dalam syair berjudul ‘Syair Bayan Budiman’ maupun ‘Syair Burung’. Secara keseluruhan memang ‘Syair Bayan Budiman’ merupakan percakapan burung, namun isi percakapan burung itu mengenai Islam dan iba­

dah. Coba kita ikuti petikannya,

 

                      Merbah menjawab dengan ikhlas

                      Rukun sembahyang itu tiga belas

                      Hendaklah amalkan janganlah malas

                      Di akhirat jemah beroleh balas

 

                      Pertama niat di dalam hati

                      Kedua tertib diingati

                      Mengaturkan dia berganti-ganti

                      Supaya sah amal solati

 

                      Ketiga berdiri dengan betulnya

                      Jikalau tidak dengan uzurnya

                      Keempat takbir serta niatnya

                      Supaya sah amal solatinya

 

                      (Antologi Syair Simbolik, 29-30)

 

      Syair yang berisi cerita-cerita keagamaan yang  berbicara mengenai akhlak didalam syair Indonesia-Melayu kita kenal seper­ti, ‘Syair Nur Muhammad’, ‘Syair Nabi Allah Yusuf’, dan ‘Syair Nabi Allah Adam’. Pada ‘Syaer Gayo’ dapat kita lihat syair berisi cerita-cerita keagamaan misalnya pada syair karya Tgk. Abdurrahim

Daudy yang berkisah tentang Nabi Allah Daud. Petikannya,

 

                     Alhamdulillah mulo tersebut

                     i masa Nabi Daud sara cerite

                     awalni kisah menurut meksud

                     nume Nabi Daud si male i eja

 

                     Delem pede beta tikik i seder

                     kati tepat  benyer kati paham makna

                     kati selese mutamah sareh

                     kati perseh mutamah nyata

 

                     Istrini Daud sembilen puluh sembilen

                     urum inen Seleman seratus jema

                     umurni Daud terbagi tulu

                     i bagi waktu i sipet masa

 

                     Sara bagi munukumni manusie

                     bagi kedue ibedet shafa

                     bagi ketige pitu sentabi

                     urum istri bergalak raya

 

                     Nabi Daud leinge temas

                     lagu si mulemas sembilang poa

                     menurut tarekh ike pasal leng

                     gere ara banding seluruh donya

 

                     Manuk temerbang renyel mutouh

                     ulung kayu ruluh tampuke mala

                     weis mujaril gere ne manut

                     mumengen lemah lemut makripet suara  

 

                     (Abdurrahim Daudy l982, 8l)

 

      Syair nasihat ingin menyampaikan nasihat berupa pengajaran kepada semua orang. Di dalam syair nasihat biasanya  isinya disampaikan secara umum kepada pembaca. Namun ada yang khusus ditujukan misalnya kepada kanak-kanak, remaja dan orang dewasa lelaki dan perempuan. Syair nasihat umumnya disukai orang seperti kata C.Hooykaas, ‘Bentuk syair itu amat digemari untuk syair nasihat, oleh karena mudah dihafal'( C.Hooykaas, l98l, 9l). Berikut ini kita ikuti sebuah syair berisi nasihat karya Tgk. H. Sulaiman (lahir l936) berjudul ‘Menuntut Ilmu’. Petikannya,

 

                      Menuntut ilemu i wajipen Tuhen

                      kusi rawan banan serta tue mude

                      sekali pun jarak turah i perahi

                      sawah ku mekah ku nenggeri Cine

 

                      Walaupun i wan nilauten api

                      turah i senumi sampe emeh jiwe

                      asal enti rede menuntut aku

                      tentang ni paningku terserah ku Tuhen

 

                      Kerna ilemu lekin suluh terang

                      ilemu mumanang jeroh urum gere

                      kegere ilemu selo kin sah beta

                      Rasulullah telah bersabda

 

                      Ke gere ilemu bewene kurang

                      biyer perang sampe emeh tenege

                      ke gere ilemu selo mujadi

                      biyer neik haji emeh belenye

 

                      Ke gere ilemu selo mu pahla

                      biyer puasa ari soboh ku iyo

                      ke gere ilmu gere mu paedah

                      biyer bersedekah beribu repiye

 

                      Tengku-tengku si layak patut

                      enti surut belejermi kite

 

                      (Sulaiman l992, l) 

 

FUNGSI DAN PENYEBARAN

 

      Syaer Gayo sejak dahulu disampaikan dengan cara lisan. Sebuah group mendendangkan syaer Gayo biasanya terdiri dari 20-an orang. Mereka mengisi  pada acara-acara tertentu misalnya pada acara hari-hari besar Islam, hari pesta perkawinan, hari mauludan dan sebagainya. Kelompok pendendang syaer   terdiri dari grup

wanita dan pria. Di beberapa kampung ada juga kelompok yang terdiri dari kanak-kanak.  Pada setiap kelompok biasanya ada satu atau dua orang syekh (syeh=ceh) syaer.  Syeh syaer harus  mempun­yai suara yang merdu, karena sebagai seni pertunjukkan ‘Syaer Gayo’ mengedepankan suara sebagai  alat pertama untuk berkomunik­asi dengan penonton atau pendengar. Penampilan phisik berupa

gerak merupakan alat pendukung agar indah dipandang. Bila di daerah Gayo kita mengenal sebutan syeh atau ceh syaer, untuk penghubung di antara pencerita dengan pendengar di tempat lain ada yang menyebut ‘tukang kaba’ atau ‘tukang cerita’. Untuk

maksud yang serupa di Brunei disebut ‘menambang syair’. Seperti kata Awang bin Ahmad, ‘Dalam istilah tempatan  terdapat satu istilah ‘penambang syair’ yang bermaksud membaca syair dengan nada berlagu, berbeza daripada cara membaca syair biasa’.(Awang bin Ahmad l989, l6). Bagaimana cara  ceh syaer membawakan puisi-puisinya? DR M.Junus Melalatoa menceritakan, ‘Para Ceh itu men­dendangkan puisi-puisinya dengan lagu-lagu tertentu. Puisi dengan lagu itu kemudian diikuti oleh para pengiringnya; demikian seter­usnya berulang-ulang sampai selesai didendangkan suatu tema tertentu. Satu group mendendangkan puisi-puisinya dalam jangka waktu tertentu, yang biasanya setengah jam, kemudian diganti dengan group lain atau group lawan’ ( M.Junus Melalatoa l99l/l992, l9). Berbeda dengan bentuk kesenian lain di daerah Gayo, seperti ‘melengkan’, ‘guru didong’, ‘sebuku’, yang bertand­ing secara pribadi, maka bentuk seni ‘didong’ dan ‘syaer’ diper­tandingkan baik person atau group, mereka tampil sebagai mewakili kesatuan sosial tertentu. (lih. M.Junus Melalatoa l983, 233). 

      Dalam pagelaran seni ‘Syaer Gayo’ para syeh  syaer biasanya memulai dengan ucapan Bismillahirahamanirrahim. Kemudian dilan­jutkan dengan membacakan ayat kitab suci Al-Qur’an atau hadis Nabi. Kadang-kadang ayat kita suci tidak seluruhnya dibaca karena pada bagian akhir diucapkan ilach (seterusnya). Setelah itu barulah dimulai mendendangkan syair. Pada saat pementasan seni Syaer Gayo semua peserta berusaha menghayati puisi yang diden­dangkan ceh syaer. Lagu yang indah yang dibawakan oleh ceh yang bersuara merdu lalu diikuti beramai-ramai secara koor oleh peser­ta dalam group itu. Selain menampilkan suara kadang-kadang pemain juga menggerakkan anggota tubuh, bahu, kepala dan lain-lain mengikuti irama lagu yang sedang didendangkan.     Ceh syaer yang memiliki suara merdu biasanya juga faham

tentang agama Islam. Selain membawa syaer mereka ada  juga yang berbakat menulis puisi ‘Syaer Gayo’. Hal ini misalnya dapat kita lihat pada Tgk Abdurrahim Daudy. Beliau mula-mula dikenal sebagai ulama yang berpengetahuan laus. Kemudian Abdurrahim menulis puisi dan sekaligus mendendangkannya. Sebagai penyair ia telah menulis ratusan puisi.  Antologi puisi syaernya yang telah terbit antara lain,  ‘Sejarah Daerah dan Suku Gayo’, ‘ Pedukah’ dan ‘Hukum Hari

Kiamat’.

      Seorang ceh syaer wanita yang termashur pada zaman Tgk Abdurrahim Daudy dan Tgk Yahya adalah Inen Pasa (meninggal l993). Selain mempunyai suara merdu Inen Pasa mempunyai daya tangkap yang bagus dan daya ingat yang kuat serta wajahnya pun rupawan. Syair-syair yang sering dibawakan oleh Inen Pasa adalah karya-karya penyair Tgk Yahya, Tgk Aman Jenen, Tgk Aman Srikuli. Sebuah

syair epos berjudul ‘Inen Mayak Teri’ karangan Tgk Aman Jenen pernah dibawakan Inen Pasa ketika mengantar rombongan pejuang pergi berjuang melawan musuk ke garis depan.

      Seorang ceh syaer wanita lainnya yang mempunyai suara merdu  dan sering membawakan puisi ciptaan Tgk Yahya bin Rasyid adalah Tgk. Siti Jeriah. Siti Jeriah kemudian dalam perjalanan hidupnya bertemu dengan Tgk Abdurrahim Daudy. Setelah cukup lama berkena­lan sang penyair lalu mempersunting sang pendendang syaer. Tgk Aburrahim Daudy menikahi Tgk Siti Jeriah dan membuahkan 5 orang

anak.

      Inen Hasan merupakan Ceh Syaer tersohor dari kampung Keba­yakan. Ia sering membawakan syair ‘Hikayat Amat Lefiah’ dan ‘Hikayat Hasan Husin’. Kedua hikayat ini sering ditampilkan dalam beberapa babak karena puisinya cukup panjang. Inen Hasan sering bertanding dengan Inen Pasa dari kampung Kutelintang dan Tgk Siti

Jeriah dari kampung Kung. 

      Kampung Kutelintang selain memiliki Ceh Syaer Inen Pasa juga mempunyai penyair Tgk Ali Hasan (Genicis) (meninggal l990) dan Tgk Suwet. Tgk Ali Hasan bersama Tgk Aman Lanyut (Buing) pernah bersama-sama mendirikan group Syaer Muzakarah.

      Ahli sejarah seni sastra mungkin akan dapat mencatat bahwa zaman keemasan ‘Syaer Gayo ‘ pada masa  Tgk Yahya dan Tgk Abdur­rahim Daudy. Setelah tokoh-tokoh seni ‘Syaer Gayo’ itu meninggal, kehidupan seni ‘Syaer Gayo’ mulai lesu. Ada memang usaha untuk menggiatkan seni syaer yang bernafas Islam ini. Pada tahun l97l diadakan sayembara penciptaan ‘Syaer Gayo’ oleh Kasi Kebudayaan pada Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Aceh Tengah bersama Panitia Hari Raya Besar Islam setempat dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idhul Adha. Ketika itu Pantia menetapkan dua judul, Hari Raya Qurban (Idhul Adha) dan Riwayat Penyembelihan Ismail. Sayembara ini mendapat sambutan hangat, ditandai dengan banyaknya peserta sayembara  termasuk diikuti oleh penyair-penyair kenamaan seperti, Tgk. Abdul Jalil Bahagia, Tgk. H. Geucik Mongal, Tgk. Syeh Midin. Sebagai hasil sayembara terkumpul sejumlah puisi ‘Syaer Gayo’ yang bermutu. Pada tahun l97l naskah pilihan itu diterbitkan dibawah judul ‘Serangkum

Syaer Gayo’ oleh ‘Dokumentasi L.K.Ara’ dalam bentuk stensilan dengan jumlah eksemplar terbatas. Usaha sayembara itu tidak berlanjut sehingga seni syaer lesu kembali. Begitulah seni Syaer Gayo berada dalam keadaan sepi bahkan merana selama  lk 20 tahun. 

Pada tahun l99l Yayasan Nusantara menyelenggarakan Festival Syaer Gayo se  Aceh yang diadakan di Gedung Olah Seni Takengon. Festi­val bermaksud mencari  dua hal, yakni  berusaha mencari puisi syaer yang bermutu tinggi serta mencari group Syaer Gayo yang trampil dan artistik. Untuk merangsang peserta ketika itu Yayasan

Nusantara menyediakan piala dari LAKA Pusat, Kadis P dan K Aceh, Kadis Pariwisata Aceh dan lain-lain.(Analisa l99l).

 

Bibliografi

 

Abdurrahim Daudy,Tgk. l979.’Sejarah Daerah dan Suku Gayo’.      

                               Departemen   Pendidikan dan   Kebudayaan, Jakarta.

———————-, l982.’Hukum Hari Kiamat’ didalam antologi  ‘Bunga

                                Rampai   Cerita Rakyat Gayo’

———————-, l984. ‘Pedukah’. Departemen Pendidikan  dan   

                                Kebudayaan,  Jakarta.

Al-Hujwiri, l992. ‘Kasyful Mahjub’ (Risalah Persia Tertua Tentang 

                               Tasawuf).  Penerbit Mizan, Bandung.

Ali Murtadha M. Arifin BA, l982. ‘Saer Gayo Sebagai Media Dakwah  Di

                                Aceh Tengah'(skripsi). Intitut Agama Islam Negeri  

                                Jamiah Ar-Raniry, Banda Aceh.

Analisa, Harian. l99l. ‘Lomba Cipta Dan Penampilan Grup Saer Gayo  di

                               Takengon’, Hr Analisa  tgl 3 April l99l, Medan.

Antologi Syair Simbolik, tt. ‘Antologi Syair Simbolik Dalam  Sastra

                                Indonesia Lama’. Departemen  Pendidikan dan 

                                Kebudayaan, Jakarta.

Awang bin Ahmad, l989. ‘Pengantar Sastra Lama Brunei’. Dewan  Bahasa        

                                dan  Pustaka, Brunei.

Chalidin, Tgk.l99l. ‘Syaer-syaer Tgk. Chalidin'(tulisan tangan).   

                                 Dokumentasi  L.K.Ara, Jakarta.

C.Hooykas, l98l. ‘Perintis Sastra’. Fajar Bakti, Kuala Lumpur.

Geucik Mongal, Tgk.H. l97l. ‘Beberapa Saer Geucik Mongal’  (stensilan).  

                                 Dokumentasi L.K.Ara, Jakarta.

Harun Mat Piah,DR. l989. ‘Puisi Melayu Tradisional’. Dewan Bahasa  dan

                                 Pustaka,  Kuala  Lumpur.

Harun Rasyid, Tgk.H. l980. ‘Alam Kubur’.Departemen Pendidikan dan 

                                  Kebudayaan, Jakarta.

————————, l994. ‘Alam Kubur'(cetakan kedua). Balai Pustaka,

                                  Jakarta.

M.Junus Melalatoa, DR. l983. ‘Pseudo Moiety Gayo, Suatu  Analisa

                                  Tentang  Hubungan Sosial Menurut Kebudayaan   

                                  Gayo'(desertasi).  Jakarta.

———————— , l99l/l992. ‘Didong Kesenian Tradisional Gayo’.

                                   Departemen  Pendidikan dan

                                   Kebudayaan, Jakarta.

Sulaiman, Tgk.H.l992. ‘Syaer-syaer Tgk.H.Sulaiman'(tulisan tangan dan

                                   ketikan). Dokumentasi Drs. Mulyadi Satriarga, 

                                   Jakarta.

W.J.S. Poerwadarminta. l986. ‘Kamus Umum Bahasa Indonesia’. Balai 

                                    Pustaka.                        

 

   

 

 

 

 

About these ads

3 Tanggapan

  1. berizin Bapak LK Ara yang telah mempublikasikan saer Gayu mudah-mudahan ada manfaatnya hususnya kinurang gayo, karena saer gayo sudah tidak pernah lagi tanpil pada acara-acara yang seharusnya tempil, ini mungkin karena kebanyakan ceh-cehnya sudah tidak ada lagi , maka saya mohon kepada ceh saer /dunator agar menghidupkan lagi kesian yang sangat bernapaskqan Islam itu

  2. Terimakasih atas komentar anda.

  3. belangi olok bebewene

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: