Abbas Ibn Muhammad

ABBAS IBN MUHAMMAD AL-SYAFA’I AL-KHALWALATI AL-ASYI adalah seorang pengarang dalam bentuk prosa dari Aceh pada abad ke-19, dikenal juga dengan nama Teungku Kuta Karang. Karya-karya beliau pada umumnya merupakan karya terjemahan dari bahasa Arab. Adapun karya-karya yang dihasilkan oleh beliau adalah sebagai berikut

1.                           al-Qanu’ Liman Ta’attafa. Merupakan sebuah kitab yang beliau karang di Kota Mekkah pada tahun 1259 H atau 1840 M. Isi kitab ini secara keseluruhan membicarakan mengenai hal penyembelihan hewan secara hukum Islam dan pendapat-pendapat yang bertentangan mengenai hal tersebut.

2.                           Nazm Jawhar al-Aziz’ ‘Akd Ankihat al-Wara al-Wajiz. Karya ini merupakan terjemahan dari karangan Muhammad al-Ma’israwi yang membicarakan tentang hukum nikah. Selain itu, karya ini sudah mulai dalam bentuk karya modern dengan dikomentari oleh ‘Abd Allah ibn Hijazi al-Syarqawi. Karangan terjemahan ini selesai dibuat pada tahun 1236 H/1846 M.

3.                           Saif al-Qati’ li Aqwal ahl al-Zigh wa’l-Mubtadi. Merupakan salah satu karangan yang lahir di Aceh dengan tujuan untuk menentang perkembangan ilmu salik yang pada saat itu sedang berkembang pesat di Aceh.

4.                           Catatan-catatan tentang ilmu tasawuf. Karya ini dalam bentuk karya sastra sufi yang mengupas mengenai bermacam hal tentang ilmu tasawuf—pada masa ini perkembangan agama Islam di Aceh sangat marak dalam bentuk ilmu tasawuf. Catatan-catatan ini ditulis pada tahun 1266 H atau 1849 M.

5.                           Wasiyat al-Ikhwan al-Mustazawidan Liyaum al-Idzu. Karya ini merupakan petikan dari karya yang berjudul Kasyf al-Ghammah fi Ahwal al-Mawt wa’l-Barzakh. Selain itu, karya ini juga diperkaya dengan mengambil bahan-bahan rujukan dari karya-karya lain terutama yang berkenaan dengan ilmu kalam, serta diperkaya lagi dengan mengambil konsep-konsep tentang perang sabil.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: